Bahaya makanan ringan (junk food)


 

Berikut ini adalah 10 makanan junk food versi WHO tersebut :

1. Gorengan
Golongan makanan ini kandungan kalorinya tinggi, kandungan lemak atau minyak dan oksidanya tinggi. Bila dikonsumsi secara regular dapat menyebabkan kegemukan, penyakit jantung koroner.
Dalam proses menggoreng banyak terbentuk zat karsiogenik, dimana telah dibuktikan kecenderungan kanker bagi mereka yang mengonsumsi makanan gorengan jauh lebih tinggi dari yang tidak atau sedikit mengonsumsi makanan gorengan.2. Makanan kalengan
Baik yang berupa buah kalengan atau daging kalengan, kandungan gizinya sudah banyak dirusak, terlebih kandungan vitaminnya hampir seluruhnya dirusak. Kandungan proteinnya telah mengalami perubahan sifat hingga penyerapannya diperlambat. Nilai gizinya jauh berkurang.
Selain itu banyak buah kalengan berkadar gula tinggi dan diasup ke tubuh dalam bentuk cair sehingga penyerapannya sangat cepat. Dalam waktu singkat dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat, memberatkan beban pankreas. bersamaan dengan tingginya kalori dapat menyebabkan obesitas.

3. Asinan

Dalam proses pengasinan dibutuhkan penambahan garam secara signifikan, yang dapat mengakibatkan kandungan garam makanan tersebut melewati batas, menambah beban ginjal.
Bagi pengonsumsi makanan asinan tersebut, bahaya hipertensi dapat terjadi. Terlebih pada proses pengasiann sering ditambahkan amonium nitrit yang menyebabkan peningkatan bahaya kanker hidung dan tenggorokan.
Kadar garam tinggi dapat merusak selaput lendir lemabung dan usus. Bagi mereka yang secara kontinu mengonsumsi makanan asin kemungkinan dapat terkena radang lambung dan usus.

4. Makanan daging yang diproses (ham, sosis, dan sebagainya)
Mengandung garam nitrit yang dapat menyebabkan kanker juga mengandung pengawet atau pewarna yang memberatkan beban hati.

5. Makanan dari daging berlemak dan jeroan
Meski mengandung protein yang baik, vitamin dan mineral tapi dalam daging berlemak dan jeroan mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang sudah divonis sebagai pencetus penyakit jantung.
Makan jeroan bintang dalam jumlah banyak dan waktu lama dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, dan tumor ganas (kanker usus besar), kanker payudara dan lainnya.

6. Olahan keju
Sering mengonsumsi olahan keju dapat menyebabkan penambahan berat badan hingga gula darah meninggi.

7. Mi instant
Makanan ini tergolong makanan tinggi garam, sedikit vitamin, dan mineral. kadar garam tinggi menyebabkan beratnya beban ginjal, meningkatkan tekanan darah, memberatkan beban pembuluh darah jantung.

8. Makanan yang dipanggang atau dibakar
Makanan yang dipanggang atau dibakar mengandung zat penyebab kanker.

9. Sajian manis beku
Es krim, cake beku, dan lainnya. Golongan ini punya tiga masalah karena mengandung mentega tinggi yang menyebabkan obesitas karena kadar gula tinggi mengurangi nafsu makan juga karena temperatur rendah sehingga mempengaruhi usus.

10. Manisan kering
mengandung garam nitrat, manisan kering akan bergabung dengan amonium di dalam tubuh dan menghasilkan zat karsiogenik yang merusak organ-organ tubuh, terutama hati. Makanan ini juga akan mengakibatkan tekanan darah tinggi dan kerusakan ginjal.


 

 

 

 

Okeee sudah tau nih jenisnya…lalu..emang apa sih akibatnya kalo berlebihan dalam menginsumsi junk food ?? cek thisss

Junk food dan kesehatan

Junk food berpotensi menimbulkan berbagai penyakit seperti obesitas, kavitas atau gigi berlubang, hipertensi atau tekanan darah tinggi bahkan stroke sekalipun. Kok bisa makanan menimbulkan penyakit? Kita simak beberapa kandung makanan yang biasanya ada dalam junk food, dan mempunyai potensi menimbulkan penyakit:

1. Gula

Kandungan gula yang terdapat dalam junk food, dapat merusak gigi dan menyebabkan terjadinya kavitas atau gigi berlubang. Selain itu sering mengonsumsi makanan yang mengandung gula juga membuat kadar insulin dalam tubuh tidak stabil  dan memicu terjadinya penyakit kencing manis di kemudian hari.

2. Kalori

Junk food menyebabkan terjadinya obesitas atau kegemukan karena nilai kalori yang tinggi. Obesitas juga akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit kencing manis, jantung, pembuluh darah, dan stroke.

3. Lemak

Makanan tinggi lemak, terutama lemak jahat yang terdapat dalam junk food dapat meningkatkan kadar lemak dalam darah dan meningkatkan risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah oleh plak lemak (aterosklerosis), tekanan darah tinggi, jantung dan kanker dikemudian hari

4. Garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat memicu terjadinya penyakit tekanan darah tinggi di masa yang akan datang.

5. Pengawet/pewarna buatan dan MSG

Zat pewarna dan pengawet buatan dapat merusak persarafan dan meningkatkan faktor risiko terjadinya kanker, juga dapat membuat anak menjadi hiperaktif. Sedangkan pemakaian MSG (mono sodium glutamat) atau penyedap rasa, yang biasanya terdapat dalam junk food dapat memberikan efek samping seperti: kemerahan pada kulit, sakit kepala, mual-muntah, gejala asma, sesak napas serangan panik, jantung berdebar, kejang atau depresi.

6. Hormon

Antibiotik yang terkandung dalam daging junk food dapat mengganggu keseimbangan kesehatan tubuh, sisten reproduksi bahkan dapat menyebabakan kanker.

ewww serem banget yaa 😐
admin mah milih makan cabuk rambak, pecel sayur , atau tempe penyet lah kalo kayak gini. Disamping sehat, mengonsumsi produk lokal adalah tanda kita cinta produk Indonesia 😀 Katanya mengaku Putra putri bangsa Indonesia? kalau bukan kita yang melestarikan, lantas siapa lagi? 🙂 prok prok prok ! Hidup Pemuda Indonesia ! Hidup Mahasiswa!
and last but not least, FORZA HIMAGHITA !!

sumber : http://www.anakku.net/terlalu-sering-makan-junk-food-http://situsaja.blogspot.com/2012/03/inilah-10-makanan-junk-food-versi-who.html

 

Advertisements
By HIMAGHITA Universitas Sebelas Maret Posted in Dunia Pangan

4 comments on “Bahaya makanan ringan (junk food)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s